Monday 2 December 2013

Review Report: Monthly Meeting YOT CA November 2013



Bulan November ini, Young On Top Monthly Meeting untuk YOT CA Batch 4 dilaksanakan pada tanggal 30 November 2013. Masih bertempat di Cyber 2 Tower floor 17th, Marquee Office, Kuningan, Jakarta Selatan, Monthly Meeting kali ini mengambil tema tentang “Integrity”.

Seperti biasa, Monthly Meeting selalu diawali dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu. Berdoa dilakukan agar seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan baik. Sedangkan menyanyikan lagu Indonesia Raya sudah merupakan suatu ritual wajib di Young On Top. Kenapa? Hal ini bertujuan agar para YOT CA bisa lebih mencintai negeranya dan menanamkan jiwa nasionalisme ke dalam diri YOT CA.

Mothly Meeting kali ini dipimpin oleh salah satu Mentor YOT CA, Mas Henry Pradipta atau yang biasa dipanggil Mas Didip. Pada sesi awal Monthly Meeting ini ada dua orang YOT CA yang mempersentasikan tentang integrity. Arfan Jati Kusuma, YOT CA dari Binus menjadi CA pertama yang mempersentasi tentang integrity. Arfan menganalogikan integrity itu seperti paku yang ditancapkan pada sebuah kayu, berbekas. Jadi, seseorang yang memiliki integrity akan membekas segala perkataan, perbuatan, dan tingkah lakunya pada orang lain. Arfan juga mengatakan bahwa integrity itu harus dimulai dari diri sendiri. Integrity sangat penting bagi Arfan karena integrity berkaitan dengan kepercayaan orang lain terhadap diri kita.

Kemudian Bayu Suryo, YOT CA UNJ sharing kepada para CA tentang integrity. Menurut Bayu, integrity itu merupakan perpaduan antara pengetahuan dan penerapan. Bayu berkata bahwa integrity itu berarti kita tahu dan kita menerapkan apa yang sudah menjadi prinsip dan pegangan hidup kita.

Sesi selanjutnya merupakan sesi yang paling ditunggu-tunggu oleh para CA. Yap, sesi inti dari Monthly Meeting kali ini. Mas Didip membuka persentasinya dengan menyuruh CA menuliskan lima hal yang paling penting dalam hidup mereka. Ada beberapa jawaban CA yang kemudian langsung ditanggapi oleh Mas Didip. Mas Didip kemudian menjelaskan secara harfiah tentang integrity. Integrity berasal dari bahasa latin, integer yang artinya komplit atau utuh. Jadi, seseorang yang mempunyai integritas merupakan orang yang utuh. Man of integrity have nothing to hide and nothing to fear. Maksudnya, orang yang mempunyai integritas tidak ada yang dia sembunyikan dan dia takutkan. Kenapa? Karena apa yang dia katakan merupakan apa yang dia perbuat.
Mas Didip kemudian membagi CA’s menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Masing-masing kelompok diberikan satu buah pertanyaan yang sama, yaitu “in what ways can or do young people demonstrate integrity?”

Masing-masing kelompok diberikan waktu diskusi sekitar 10 menit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai berdiskusi, Mas Didip pun mempersilakan perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban dari masing-masing kelompok sangat menginspirasi sekali. Misalnya saja jawaban dari Yuliana Isma, YOT CA dari PNJ. Yuliana Isma menjawab bahwa integritas itu dimulai dari tahu dulu, kemudian menerapkan integritas tersebut terhadap diri sendiri dan selanjutnya melakukan intergritas tersebut secara konsisten.

Para mentor pun tak mau ketinggalan untuk ikut menjawab pertanyaan tersebut. Mas Billy menjawab, bahwa contoh integritas yang selalu dia lakukan adalah dengan tidak mengendarai mobil di jalur busway dan tidak menggunakan joki saat three in one. Kedua hal tersebut selalu dilakukan oleh Mas Billy meskipun Beliau harus mengalami kemacetan dan sering kali kesulitan untuk menyesuaikan jadwal meeting yang ingin Beliau jalani.

Di penghujung persentasinya, Mas Didip memberikan sebuah quotes yang sangat keren dan mempunyai arti yang mendalam. Lets your yes be YES and your no be NO. Sebuah quotes yang sangat berkaitan sekali dengan integritas dan menginspirasi semua CA untuk selalu berani mengatakan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah.
Setiap Monthly Meeting selalu ada kesan yang mendalam bagi CA dan mentor, selalu ada ilmu dan pengalaman baru yang siap mereka aplikasikan di dalam kehidupan mereka. Tak terkecuali Monthly Meeting di bulan November ini.
Keep Leraning and Sharing, all!
See You On Top! OK!

Oktaviatun Kusumarani - @viatun
YOT CA UNJ

No comments:

Post a Comment