Sunday 3 November 2013

Kenapa Harus Pantai?



Saya selalu teringat sebuah nasihat dari Khalifah Ali bin Abi Thalib:

“Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra dimana banyak ciptaan ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nahkoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan.” (Ali bin Abi Thalib R.A).

Saya selalu menyukai keindahan pantai. Ombak yang berteriak. Hamparan pasir. Angin yang bertiup. Nyiur yang melambai seolah menyambut setiap insan yang datang. Kumpulan burung yang terbang bergerombol. Awan yang berkerumul. Di lain tempat kita juga akan menemukan pantai berkarang tempat hewan laut berlindung dan melanjutkan hidupnya. Apapun tentang pantai, saya suka.

Saya tidak bisa berenang. Tapi, saya suka pantai. Di pantai, saya bisa menunggu mentari yang malu-malu menunjukkan dirinya. Di pantai, saya bisa sekedar duduk, berbagi ketenangan dan udara yang menentramkan. Melupakan sejenak segala beban yang rasanya sedemikian berat. Di pantai, saya bisa berkejaran dengan ombak, berlagak hebat menantang ombak, membuat benteng raksasa dari pasir atau membuat replika candi-candi. Di pantai, saya bisa mengantar mentari ke peraduannya. Menikmati jingga yang merona, sesekali menghempaskan kaki memecah ombak yang berkejaran.

Saya ingin menjelejah setiap pantai yang ada di Indonesia. Ya, Indonesia. Indonesia punya banyak pantai. Tapi sayang, pantai tersebut justru tidak terawat dengan baik. Banyak orang-orang Indonesia sendiri yang tidak tahu kalau ada pantai dengan nama “ini” loh di negaranya. Bandingkan dengan Singapura, negara yang luasnya tidak lebih dari kota Jakarta dan punya pantai yang jumlahnya tidak lebih dari 5 buah ini lebih banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan Indonesia yang punya banyak sekali pantai-pantai indah.

Kembali ke pertanyaan yang ada pada judul tulisan ini. Kenapa harus pantai? Karena saya suka dan saya ingin orang lain juga menyukai pantai. Khususnya pantai-pantai yang ada di Indonesia. Saya akan mengabarkan kepada mereka bahwa pantai di negara kita bagus loh. Saya akan bercerita kepada mereka tentang eksotismenya pantai-pantai di Indonesia. Saya akan memotretnya dengan kamera 5 megapixel. Dan saya akan menunjukkannya kepada setiap orang yang ingin mengetahui tentang keindahan pantai, tentang nyanyian nyiur pantai, tentang kepasrahan pasir pantai, tentang keramaian ombak pantai, dan tentang ketegaran karang pantai.

-OK-

No comments:

Post a Comment