Saturday 19 January 2013

Peran Pemuda Dalam Mengembangkan Green Economy


Kerusakan lingkungan terutama pada sumber daya alam dan juga kekayaan lingkungan menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh umat manusia di dunia. Bagaimana tidak, jika kerusakan lingkungan yang semakin bertambah buruk setiap tahunnya tidak segera ditangani, maka yang terjadi adalah kerusakan lingkungan yang lebih parah lagi.
Untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang lebih parah, maka PBB pada tahun 2011 mencetuskan sebuah ide yang dijuluki “green economy” atau ekonomi hijau. Green economy atau ekonomi hijau adalah sebuah upaya penyelamatan lingkungan yang diterapkan dengan cara penghematan sumber energi seperti listrik, panas, dan sebagainya. Ekonomi hijau memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan hidup manusia. Penghematan sumber energi dan pelestarian lingkungan yang menjadi prinsip dari gerakan ekonomi hijau memberikan efek yang signifikan terhadap keselamatan lingkungan itu sendiri. Manusia tidak sepatutnya hanya mampu mengeksploitasi lingkungan saja, namun juga harus memiliki usaha untuk melestarikan dan menyelamatkan lingkungan tempat hidupnya untuk kelestarian bumi selanjutnya.
Pemuda harus menjadi mampu inisiator dari perubahan lingkungan. Hal itu bisa dimulai dengan melakukan hal-hal kecil di sekitar lingkungan kita. Pemuda sebenarnya memiliki banyak cara untuk menyelamatkan lingkungan dengan cara-cara yang menyenangkan, baik diri sendiri maupun melalui komunitas-komunitas peduli lingkungan.
Pemuda yang sudah memiliki kepedulian terhadap lingkungan, harus mulai ikut mengkampanyekan isu tentang lingkungan melalui berbagai kegiatan dan harus mampu merangkul pemuda lainnya untuk ikut mengkampanyekan isu tentang lingkungan tersebut. Setelah mampu menjadi inisiator, pemuda diharapkan mampu menjadi pengusaha yang akan implementasikan green economy. Dengan pengembangan green economy tersebut diharapkan pula bisa mengurangi kadar emisi CO2 di dunia masa mendatang.
Hal tersebut tidaklah keliru dan berlebihan bila melihat fakta dan hasil-hasil penelitian para ahli yang menunjukkan bahwa ada kecenderungan jumlah kadar gas rumah kaca seperti CO2 di atmosfer telah kelewat batas, yang terus menerus dimuntahkan dari bumi, dimana semakin hari jumlahnya dan konsentrasinya terus membumbung tinggi, serta ternyata sangat berkorelasi positif dengan semakin tingginya aktivitas manusia di Bumi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan antara lain rumah tangga, industrI, transportasi, dan lain-lain.
Oleh kerena itu peran pemuda dalam hal ini sangat penting bagi menyelamatkan kelestarian lingkungan kita. Tak perlu melakukan sesuatu hal yang besar, namun mulailah dari prilaku yang kecil seperti menerapkan go green pada diri sendiri dan mensosialisasikan memperbaiki keadaan alam kita yang rusak ini agar dapat tersenyum kembali. 

___Essai ini pernah diikut sertakan dalam berkas seleksi Sinergi Muda__ 

No comments:

Post a Comment