Wednesday 8 August 2012

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Tulisan ini diambil dari resume Seminar tanggal 25 November 2010 di Aula Daksinapati FIP UNJ.

Peranan dan keberadaan  teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dunia ke gerbang globalisasi tanpa batas. Dunia pendidikan secara makro dan mikro dalam abad dua puluh ini mulai menyadari pentingnya teknologi informasi dan komunikasi. Menguasai TIK merupakan satu langkah lebih maju dalam segala bidang kehidupan. Informasi yang cepat dan akurat merupakan senjata andalan TIK membawa pengaruh yang besar bagi pengguna TIK khususnya dalam pembelajaran.
Saat ini telah ada sebuah sekolah masa depan (school of future) di Philadelpia. Di sekolah ini menerapkan pembelajaran berbasis TIK secara riil.  Artinya seorang pembelajar akan terfasilitasi kebutuhan belajarnya dengan sarana TIK yang ada. Diantaranya menggunakan virtual board sebagai papan tulis. Kelebihan virtual board sendiri adalah model "touchscreen" pada gambar atau bayangan objek benda yang dilukis di virtual board dapat dipegang atau digerakkan. Selain itu di sekolah masa depan, peserta didik tidak perlu repot mencatat ataupun membawa buku, karena di sana para peserta didik sudah menggunakan MP4 player yang dilengkapi dengan memory hard disk untuk merekam ataupun mencatat segala bentuk kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.
Peranan TIK tsangat membantu dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah dengan produk pembelajaran mandiri melalui e-lerning ataupun web-based learning. Ada beberapa manfaat pembelajaran mandiri atau e-learning, diantaranya adalah: Pembelajaran diperoleh dari mana dan kapan saja. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dilakukan jarak jauh.
Pada dasarnya TIK memberikan kemudahan bagi kita didalam mengembangkan proses belajar dan mengajar di sekolah. Kehadiran TIK untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi siapa saja, tidak terbatas hanya pada pelaku bisnis, namun hal ini juga udah merambah dalam berbagai bidang, terutama dunia pendidikan. Namun untuk menjadikan internet sebagai basis pengajaran, kelemahan utamanya adalah ketrsediaan sarana prasarana pendukung seperti jaringan internet, ketersediaan komoputer, dan berbagai sarana lainnya yang mesti disedia. Selain itu, perlu juga didukung dengan tingkat akses yang memadai. 
Guna mencapai tingkat pembelajaran yang efektif, maka sudah semestinya setiap institusi pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Oleh karena itu, sudah saatnya kita perlu mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam setiap pengembangan kurikulum dan bahan ajar di setiap sekolah.

No comments:

Post a Comment