Kebanyakan
penelitian mengenai pendidikan jarak jauh terdiri dari bagaimana menggunakan
media sebagai penghubung antara guru dengan siswa. Media yang digunakan adalah: surat-menyurat, rekaman video dan
periklanan, audio, audio grafis, video dan komputer konferensi.
Correspondence Education à Pembelajaran
menggunakan surat
Berdasarkan
penelitian jenis pendidikan menggunakan media ini hanya di awal abad saja,
tetapi sekarang hanya beberapa murid yang masih mengikuti pendidikan dengan
menggunakan media ini sejak digunakannya alat elektronik untuk pendidikan jarak
jauh.
Program belajar terkini fokus terhadap pembelajaran
(Holstein, 1992), desain (Diehl, 1987), mata pelajaran area tertentu (Martin,
1993), beban kerja murid (Malan dan Feller, 1992), penyelesaian kursus
(Billings, 1988) dan pandangan positif terhadap keefektifan pembelajaran (St
Pierre dan Olsen, 1991) dan pelayanan pendukung bagi murid (Tallman, 1994).
Television Course à Pembelajaran
menggunakan media televisi
Pelatihan
televise tingkat kampus yang dikenal dengan telecourse, diproduksi oleh
universitas, stasiun penyiaraan public dan semua di atasnya, oleh perkumpulan
kampus. Pelatihan ini dibeli oleh
kampus-kampus dan universitas dan didistribusikan melalui rekaman video atau
jaringan tivi kabel.
Teleconferencing
Metode yang
paling menarik dalam pembelajaran jarak jauh adalah
teleconference. Pembelajaran menggunakan media ini menyediakan dua jalur video,
satu arah video diikuti oleh audio dua arah, oleh audio, audio grafis, atau
jaringan komputer. Salah satu alasan untuk mengembangkan jenis pembelajaran ini
adalah membolehkannya kelompok pembelajar jarak jauh untuk bisa bersama di
waktu yang sama dengan guru yang berada di kelas.
Computer Conference
Menyediakan
kursus berupa disket untuk komputer di rumah, ditambah dengan e-mail dan
pencarian data secara online..Ide
metode pembelajara yang potensial ini berawal dari Proyek Bangkok, yang
menghubungkan jaringan komputer pendidikan dunia ke dalam peningkatan aktivitas
untuk anggota komunitas pendidikan jarak jauh.
Audio dan Audio grafis
Metode
pembelajaran ini menggunakan telepon dengan mikropon dan amplifier adalah
teleconference yang sederhana, tetapi selalu mempunyai keefektifan yang tinggi
dan biaya yang efektif.
Pembelajar dan Pembelajaran
Penelitian ini jelas dan tegas tidak ada
metode khusus pengajaran yang terukur yang lebih disukai di atas yang lain ketika dievaluasi oleh
tujuan pemeriksaan mahasiswa.
Model Teoritis
mengingat munculnya media baru adalah kebutuhan untuk
mempelajari struktur, prosedur dialog dan perilaku peserta didik saat
telekonferensi digunakan, dengan maksud untuk menyempurnakan atau
mendefinisikan hubungan antara variabel-variabel dan sangat interaktif
Pengajaran Dan Guru
menggambarkan peran seorang guru yaitu memfasilitasi belajar
dari bahan-bahan studi yang disiapkan. Ada banyak kepentingan dalam teori dan praktek interaksi. Wagner (1994) telah mengkaji beberapa model dan
menghubungkannya dengan konteks pengiriman pembelajaran, desain pembelajaran,
teori belajar dan teori pembelajaran dalam upaya untuk menetapkan parameter
konseptual untuk membantu fungsi interaksi
Kebijakan Penelitian
Sebuah lembaga yang ingin beroperasi secara
nasional dapat menghadapi penilaian dari beberapa negara (Reilly dan Gulliver,
1992). Isu-isu kebijakan lainnya termasuk pertanyaan tentang penggunaan uang
negara yang dapat digunakan untuk instruksi tersebut, bagaimana untuk memantau
dan mengontrol kualitas dari program negara; interinstitutional berbagi sumber
daya dan artikulasi program; integrasi sistem pengiriman pengajaran alternatif;
prioritas program; Program kurikulum dan persetujuan; residensi akademik.
No comments:
Post a Comment