Monday 28 May 2012

Konsekuensi Inovasi

Konsekuensi Inovasi adalah konsekuensi atau akibat dari suatu perubahan yang terjadi pada individu atau sistem sosial merupakan hasil dari suatu adopsi atau penolakan terhadap innovasi. Sebuah inovasi memiliki sedikit dampak sampai inovasi itu didistribusikan ke dalam berbagai anggota sistem dan digunakan oleh para anggota sistem itu.
Akibat atau konsekuensi diklasifikasikan sebagai berikut : (1) yang diinginkan versus yang tidak inginkan, (2) langsung versus tidak langsung, dan (3) yang terantisipasi dan tidak terantisipasi. Konsekuensi atau akibat yang diharapkan atau diinginkan merupakan pengaruh berfungsinya dari sebuah inovasi pada individu atau sistem sosial. Sedangkan Konsekuensi atau akibat yang tidak diharapkan atau tidak diinginkan murupakan pengaruh tidak berfungsinya dari sebuah inovasi pada individu atau system sosial. Hal tersebut seringkali sulit untuk menghindari ketentuan-ketentuan nilai ketika mengevaluasi berbagai konsekuensi atau akibat yang diinginkan atau tidak diinginkan. Pada kenyataannya, banyak inovasi memberikan konsekuensi yang positif dan negatif, hal ini diakibatkan kekeliruan yang menganggap bahwa dampak yang diinginkat dapat dicapai tanpa mempertimbangkan akibat-akibat yang tidak diinginkan. Namun asumsi tersebut seringkali secara tidak disadari terjadi. Kesimpulan kita, bagaimanapun juga, hal ini umumnya sulit atau mungkin mengatur pengaruh sebuah inovasi untuk memisahkan innovasi yang diinginkan dari berbagai konsekuensi atau akibat yang tidak diinginkan.
Contoh: Penggunaan VCD Pembelajaran di SMP Negeri 71 Jakarta.
• Konsekuensi langsung: Pembelajaran Fisika berjalan lebih efektif dan efisien
• Konsekuensi tidak langsung : Siswa dan guru secara tidak langsung dapat mengembangkan softskill mereka dalam menggunakan computer dan VCD Pembelajaran
• Konsekuensi yang diinginkan dan konsekuensi antisipasi: Siswa menjadi lebih mudah menguasai pelajaran Fisika dan memudahkan guru dalam menjelaskan materi Fisika kepada siswa.
• Konsekuensi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diantisipasi: Kurangnya pengawasan guru terhadap siswa yang memutar VCD Pembelajaran ini, sehingga guru tidak dapat mengetahui kegiatan apa saja yang siswa lakukan selain memutar VCD Pembelajaran ini. Bias saja siswa lebih banyak bermain games, dsb.

No comments:

Post a Comment