Saturday 24 March 2012

Prior Condition dalam Difusi dan Inovasi

Pada model proses keputusan inovasi terdapat istilah "prior condition". Apakah maksudnya?

Prior condition adalah kondisi awal atau kondisi sebelum masyarakat menggunakan suatu inovasi. Dengan adanya Prior Condition kita bisa memastikan inovasi tersebut dapat efektif atau tidak dengan cara menerapkkan kepada masyarakat dan melakukan analisis. Prior Condition dapat diartikan pula sebagai keputusan dalam menerima atau menolak suatu inovasi yang melibatkan individu atau masyarakat secara aktif untuk memilih.
prior condition
Kondisi masyarakat sebelum inovasi dapat berperan dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Berdasarkan gambar di atas, Prior Condition itu meliputi 4 macam, yaitu:
1. Situasi awal dari masyarakat: pengalaman akan adanya suatu pengalaman dalam keberadaan adanya berinovasi yang berguna memotivasi individu untuk belajar lebih banyak tentang inovasi dan kemudian akan mengadopsinya
2. Kebutuhan dan problem : kebutuhan dan masalah awal masyarakat sehingga membutuhkan inovasi untuk memecahkan masalah tersebut.
3. Innovatiness: tingkat pengaruh penggunaan inovasi sebelumnya di dalam lingkungan masyarakat tersebut.
4. Norma dan nilai: suatu pola prilaku yang dapat diterima oleh semua anggota sistem social yang berfungsi sebagai panduan atau standar bagi semua anggota sistem social. Sistem norma juga dapat menjadi faktor penghambat untuk menerima suatu ide baru. Hal ini sangat berhubungan dengan derajat kesesuaian (compatibility) inovasi denan nilai atau kepercayaan masyarakat dalam suatu sistem sosial. Jadi, derajat ketidak sesuaian suatu inovasi dengan kepercayaan atau nilai-nilai yang dianut oleh individu (sekelompok masyarakat) dalam suatu sistem social berpengaruh terhadap penerimaan suatu inovasi tersebut.

Tahapan pengenalan bermula ketika seseorang mengetahui adanya inovasi dan memperoleh beberapa pengertian tentang berfungsinya sumber dan saluran komunikasi memberikan stimulus terhadap individu dan kelompok selama keputusan inovasi tersebut masih dalam proses. Pada tahap pengenalan juga dipengaruhi oleh variabel personal seperti tingkat pengetahuan, jenjang pendidikan terakhir, umur, pengalaman, aset produksi yang dimiliki suatu daerah dan jumlah keluarga. Kemudian dipengaruhi juga oleh kesatuan komunikasi yang digunakan di dalam masyarakat tersebut.

No comments:

Post a Comment