Sunday 1 April 2012

Lulusan TP Termaksud Kategori Adopter yang Mana??

Di postingan sebelumnya saya telah menuliskan tentang "Adopter dan Innovativeness".  Lihat disini. Nah, untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang "Lulusan Teknologi Pendidikan itu termaksud jenis adopter yang mana sih?"
Dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan yang diambil oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNJ semester 096, tim dosen membuat survey dengan menanyakan ada di kategori adopter yang mana para lulusan Teknologi Pendidikan itu? Jawaban beragam dari 31 responden yang sudah dihimpun, berikut hasil surveynya:




Berdasarkan data yang telah didapatkan melalui Forum Group DIP REG diatas menjelaskan bahwa 68% mahasiswa yang berpendapat bahwa Lulusan TP idealnya menjadi seorang inovator.Ada tiga alasan mengapa mereka menjawab seperti itu. alasan yang pertama adalah karena lulusan TP berperan sebagai agent of change yang harus bisa berfikir kreatif guna memfasilitasi proses pembelajaran nantinya. Alasan kedua adalah karena lulusan TP harus selalu menccoba hal yang baru dan harus berani mengambil resiko. Alasan terakhir adalah jarena lulusan TP haruslah orang yang paling peka terhadap munculnya inovasi.
Ada pula mahasiswa yang berpendapat bahwa lulusan Teknologi Pendidikan itu sebagai Early Adopter. Mengapa demikian? Ada dua alasan meraka menjawab seperti itu, yaitu karena lulusan TP biasanya kalah cepat dengan dunia industri yang terus melakukan inovasi dan lulusan TP cenderung tidak berani mencoba suatu inovasi dikarenakan takut ada efek sampingnya.
Di samping dua jawaban di atas, ada pula mahasiswa yang menjawab bahwa lulusan TP itu sebagai Innovator & early Adopter. Ada dua alasan yaitu yang pertama, lulusan TP mudah bosan dengan nilai-nilai yang sudah baku dan cenderung mencari alternatif lain dalam menyelesaikan masalah. Alasan yang kedua adalah sebagai lulusan TP harus cepat menerima inovasi supaya tidak ketinggalan zaman.
Tidak hanya tiga jawaban itu saja yang diberikan oleh mahasiswa, namun ada satu jawaban lagi yaitu lulusan TP termaksud kategori Innovator atau Early Adopter, alasannya adalah karena lulusan TP akan melahirkan benih-benih atau sikap-sikap dalam diri mereka untuk menjadi seorang innovator.
Semua alasan yang dikemukakan dalam Forum Group DIP REG tidak ada yang salah, karena ini merupakan pendapat pribadi dari tiap-tiap mahasiswa dan merupakan bagian dari proses belajar.

KESIMPULANYA,

Dari hasil survey yang dilakukan dalam grup Facebook "DIP TP REG 2010" didapatkan kesimpulan bahwa ternyata mahasiswa TP REG UNJ banyak yang berpendapat bahwa lulusan TP nantinya akan menjadi seorang inovator. Hal ini sangat bagus karena diperlukan banyak innovator dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Jika memang nantinya gagal menjadi inovator, maka jadilah seorang pelopor atau pengguna awal dari inovasi yang berdampak positif bagi dunia pendidikan Indonesia nantinya. 

Sumber : http://www.facebook.com/groups/168239919956693/







































































































No comments:

Post a Comment